Kamis, Desember 16, 2010

Latihan Ngeblog Bersama Mas Win

Rabu kemarin, 15 Des 2010, dengan sangat sabar Winarto (http://winarto.in) membagi ilmunya kepada kami untuk membuat blog di wordpress. Sekitar 10 orang berkumpul di ruang 406 LBI UI siang itu, mereka adalah para fellow elect IFP cohort IX 2010 akan belajar bersama Mas Win untuk membuat blog di Wordpress. Memang ngeblog bagi sebagian dari kami bukanlah hal yang baru karena sebagian dari kami, termasuk saya, sudah memiliki blog pribadi, tapi bukan di wordpress.

Kegiatan ini dimulai sekitar jam 13.20 WIB, di mulai dari membuat account di WP, terus melakukan seting theme dan layout di dashboard, sampai mencoba melakukan publish tulisan dan gambar. Meskipun sudah familiar dengan kegiatan ngeblog, namun kami masih juga merasa kesulitan untuk melakukan seting di WP. Beruntung, Mas Win dengan penuh pengertian, kesabaran, dan semangat mau mengajari kami step by step sampai akhirnya semua yang hadir berhasil membuat blognya masing-masing (lihat di http://ifp2010.wordpress.com/) saat berakhirnya pelatihan pada pukul 17.00 WIB.

Pada saat pelatihan ini saya memutuskan untuk membuat blog yang isinya khusus membahas mengenai kebudayaan Dayak dalam bahasa Inggris. Melalui blog ini saya ingin memperkenalkan kebudayaan Dayak secara luas kepada masyarakat, khususnya masyarakat Internasional, sehingga mereka bisa mengenal dengan lebih baik dan menghapus stereotype yang negatif mengenai orang Dayak. Selain itu juga saya menjadi semakin tertantang untuk mengasah kemampuan menulis saya dalam bahasa tersebut. Inilah blog saya hasil pelatihan tersebut : pangalajo.wordpress.com



Tidak ada komentar: