Sabtu, Desember 25, 2010

Hari ke tiga di Bali

Hari ketiga di Bali

Setelah hari pertama mengunjungi pasar seni Sukawati dan Pasar Senggol pada malamnya, pada hari kedua kemarin saya berkesempatan mengunjungi Pantai Sanur, tepatnya di Pantai Matahari Terbit. Kesan yang saya ihat di pantai ini adalah pantai yang sudah di reklamasi dengan karang buatan dari batu-batuan, namun tetap memberikan kesan alaminya. Aktivitas nelayan menebarkan jaringnya, perahu motor tempel, para wisatawan berendam, dan orang-orang berjemur di pantai, merupakan pemandangan yang lumrah untuk disaksikan di sini. Satu lagi, air laut di pantai ini sangat jernih, kontras sekali jika dibandingkan dengan kondisi di Ancol. Setelah dari pantai sauya sempat mampir mengunjung seorang Family dari tunangan saya di daerah Gianyar, di Asrama Denzipur. Selanjutnya pulang mampir ke Air terjun Tegenungan

Hari ketiga di Bali bertepatan dengan hari raya Natal. Pada kesempatan ini saya memanfaatkannya untuk misa di Katedral Denpasar, di Gereja Roh Kudus. Pengamanan misa Natal sangat ketat, mungkin karena adanya isu-isu Natal berdarah, untuk memasuki gereja kami harus antri dan melewati detektor logam yang di jaga oleh satuan Jihandak Brimob Polda Bali. Namun semua itu saya pandang sebagai hal yang kecil bila dibandingkan dengan kegembiraan natal bersama saudara seIman yang berkumpul dalam ekaristi suci.

Setelah selesai misa, sebelum pulang ke tempat Kadek di Sukawati, tempat saya menginap selama di Bali, saya mampir ke Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Badra Sandi, di Renon Denpasar. Lokasi momunen ini tidak terlalu jauh dari Katedral Denpasar. Di Monumen ini, di lantai tengah, kita bisa menyaksikan relief-relief perjuangan rakyat Bali, dan foto-foto sejarah kerajaan-kerajaan di Bali di lantai bawah. Di Lantai paling atas kita bisa menyaksikan pemandangan sekitar Monumen, serta bisa untuk berkontemplasi. Dari puncak ini juga terlihat jelas menara Katedral.

Sorenya saya berniat untuk melanjutkan perjalanan ke Tanah Lot. namun sayang cuaca yang kurang bersahabat, hujan, membuat rencana ini di batalkan untuk sementara waktu.