Senin, Desember 13, 2010

Hasil tes ketiga ITP-TOEFL

Slightly decrease, smoothly decrese. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan hasil tes ITP-TOEFL saya yang ke-3, setelah meningkat sebanyak 34 point dari placement test pada tes ke 2 menjadi 517, menurun sebanyak 4 poin menjadi 513. Seperti pada tes-tes yang lalu, bagian yang berkontribusi menurunkan skor saya adalah structure section. Kali ini saya hanya berhasil menjawab 22 pertanyaan benar dari 40 soal yang tersedia, dan hanya menghasilkan skor 47 poin. Untuk bagian listening agaknya kali ini cukup lumayan dimana saya masih berhasil benar 34 dengan skor 52. Sedangkan reading seperti biasa merupakan bagian penyelamat saya, 34 benar dibagian ini mendongkrak skor saya ke 55.

Perkembangan ini meskipun mengalami sedikit penurunan namun masih bisa membuat saya merasa tenang karena selain masih ada waktu untuk berbenah, minimal sekarang saya sudah tahu posisi kemampuan saya dalam berbahasa Inggris. Apapun alasannya, inilah kemampuan dan hasil usaha saya sampai saat ini. Namun target ke depan sudah pasti saya harus mampu mendapatkan skor di atas 550.

Bagaimana dengan teman-teman yang lain ? Kebanyakan teman-teman mengalami peningkatan hasil, meskipun ada juga yang turun. Lucu juga hari ini melihat berbagai ekspresi teman-teman, dari yang gembira, biasa-biasa saja, samapai yang merasa sangat sedih. Dari yang tertawa-tertawa, senyum-senyum, diam tenang-tenang, sampai yang "agak gila". Namun yang terpenting menurut saya, mengutip pernyataan rekan Umar Werpete, " Lebih baik pulang kampung setelah PAT dalam kondisi bodoh daripada menjadi gila". Artinya, usaha sudah kita berikan, perjuangan telah dilakukan, maka apapun hasilnya maka harus kita terima dengan lapang dada dan penuh syukur karena Live must go on.

Tidak ada komentar: