Selasa, November 25, 2008

Kebiasaan memakai Helm sebaiknya di mulai sejak usia dini

Tadi pagi pas berangkat ke tempat kerja....seperti biasa aku melewati Jalan Protokol yang terkenal di Pontianak. Disana memand sudah 3 bulanan ini di pasang traffic corn buat jalur khusus sepeda motor....enak juga rasanya meskipun tidak jarang banyak orang yang keluar dari jalur ini. Ditengah kepadatan lalulintas pagi ini...banyak para orang tua yang mengantar anak-anaknya ke sekolah. Apa yang spesial menurut saya adalah ternyata memang kebudayaan untuk bisa berdisiplin itu dari lingkup yang paling kecil memang kurang diperhatikan. Bayangkan saja para orang tua yang mengantar anak-anaknya ke sekolah tidak membiasakan anak-anaknya yang masil kecil (TK/SD/SMP) untuk memakai helm. kalo ditanya alasannya klasik, " merekakan masil kecil". lalu saya berpikir...trus kalo mereka masih kecil memangnya kepala mereka lebih keras ya daripada orang dewasa ???? Bukankah secara logika mereka yang masih kecil membutuhkan pengamanan yang lebih ekstra, butuh helm. Toh kalo terjadi kecelakaan tidak akan pilih kasih, bahwa yang masih kecil kepalanya pasti aman.

Ya, memang hal ini bagi banyak orang adalah masalah sepele. tapi menurut saya justru ini yang paling penting. Kenapa? Karena kalo mereka dari kecil dibiasakan untuk disiplin, maka niscaya saat mereka sudah dewasa sikap disiplin itu akan terbawa terus. jadi kampanye pemakaian helm menurut saya juga bisa di mulai sejak dini. Bukankah pendidikan usia dini sekarang sedang digalakkan oleh pemerintah kita?

Tidak ada komentar: